Mengenal dan Cara Membuat Layanan Subscribe
Jika Anda sering menonton video di Youtube, kata-kata Subscribe pasti sering Anda lihat disana. Subscribe sendiri artinya adalah langganan. Yang berarti pula, setiap Anda mengklik Subscribe di Youtube, pemilik video akan selalu mengabari Anda jika mereka punya video baru.

Di dunia blog, Subscribe juga bukan hal yang baru. Sudah sejak dulu, layanan ini hadir. Pengertiannya sama dengan Subscribe yang disediakan oleh Youtube. Bedanya hanya satu, Subscribe di Youtube sudah ada sejak pertama kita buat kanal disana, sedangkan di blog, Subscribe harus dibuat sendiri.

Contoh layanan Subscribe bisa Anda lihat di bloGoooblok ~ ini. Kotak disebelah kanan atas pada sidebar adalah layanan Subscribe atau layanan berlangganan artikel melalui email. Tujuannya agar setiap artikel dari blog ini akan langsung terkirim ke email Anda secara utuh, tanpa harus mengunjungi blog ini setiap saat.

Sebelum kita membahas lebih jauh cara membuatnya, alangkah mulia dan baiknya jika Anda memasukkan alamat email Anda pada layanan Subscribe bloGoooblok ~. Artikel akan dikirim ke email Anda langsung tanpa dipungut biaya.

Cara Membuat Layanan Subscribe/Langganan Artikel

Untuk membuat layanan Subscribe di blog kita diberi banyak pilihan layanan. Namun yang paling terkenal dan paling disarankan oleh blogspot adalah layanan dari FeedBurner. Mengapa demikian, karena FeedBurner juga milik Google yang artinya telah terkoneksi dengan seluruh layanan Google.

  • Jika telah memiliki akun FeedBurner, selanjutnya login. Pilih blog yang telah Anda daftarkan dan pilih Publicize lalu Email Subscriptions


  • Pada halaman Email Subscriptions, klik Activate. 


  • Kini Anda telah disediakan script HTML. Script ini bisa langsung Anda copy ke blog Anda dan letakkan dimana saja Anda inginkan. Namun saya sarankan untuk tidak mengcopy dulu. Kita akan melakukan pengaturan agar layanan Subscribe Anda terlihat profesional. 


  • Pilihlah Communication Preferences. Pada pengaturan ini Anda bisa merubah alamat email pengirim (selain dari email yang Anda daftarkan), Kata-kata untuk email aktivasi pada pelanggan Anda, serta isi pesan yang akan muncul saat pertama kali pelanggan Anda meminta berlangganan. Bahasanya berbahasa Inggris, olehnya itu rubahlah kedalam bahasa Indonesia dengan kata-kata Anda sendiri. Setelah itu klik Save. 


  • Selanjutnya adalah Email Branding. Pada pengaturan ini, aturlah judul setiap email Subscribe Anda sesuai keinginan, misal jika Anda belangganan artikel di blog ini, judul email yang akan terkirim bertuliskan bloGoooblok ~. Pada laman ini Anda juga bisa merubah tampilan feed Anda, silahkan diutak-atik sesuai kebutuhan, lalu klik Save. 


  • Terakhir adalah Delivery Options. Pada laman ini, Anda diberi kuasa mengatur jadwal pengiriman artikel kepada pelanggan Anda. Jika menyasar pembaca dari Indonesia, aturlah Timezone-nya Jakarta, dan jadwal pengiriman sesuai keinginan Anda, bisa dikirim dipagi hari atau malam hari. 


  • Barulah setelah selesai, kembali ke Subscription Management lalu mengcopy script yang diberikan ke blog Anda. Ada dua cara yang bisa dilakukan, mengcopy script langsung ke blog atau mengaktifkan widget dari FeedBurner. Saran saya lebih baik mengcopy script saja agar Anda bisa melakukan modifikasi, seperti layanan Subscribe pada bloGoooblok ~ ini sudah diperbaharui agar sesuai keinginan. 


Anda pun bisa melakukan perubahan script jika mengetahui dasar-dasar HTML. Bisa Anda pelajari dengan membaca beberapa postingan di blog ini.

Jika memiliki pertanyaan atau tanggapan, silahkan berkomunikasi pada kolom Disqus dibawah ini. Terima kasih!



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »