Cara Membuat Akun Yahoo

 Cara Membuat Akun yahoo Dengan Mudah

1.kunjungi link http://yahoo.com

2.di sebelah kanan atas pilih menu mail

3.tekan  “Create Account” sebagai proses awal dalam membuat akun baru yahoo anda:

create account yahoo
4.  Muncul halaman baru, tinggal isi semua data yang diminta sesuai keterangan di bawah, tapi bagusnya pakai data sesuai KTP agar dapat digunakan untuk tujuan bisnis nantinya.

buat email ymailKeterangan: (sesuaikan dengan angka di gambar)

  1. Isi dengan nama depan resmi kamu
  2. Nama belakang, jika ada, tapi bila tidak gunakan nama orang tua saat ini atau pun yang sudah meninggal/
  3. Pilih alamat email yang kamu suka (tanpa perlu ditambahkan @yahoo.com di belakangnya karena di sampingnya sudah ada yang tertera, tinggal pilih mau pakai yang .com atau .co.id untuk alamat email Indonesia.
  4. Ketik kata sandi yang mudah kamu hafal, jika perlu catat dikertas atau dalam file notepad agar jika sewaktu-waktu lupa bisa langsung melihatnya. Di sampingnya juga ada pilihan apakah ingin menampilkannya saat mengetik atau hanya dalam bentuk tanda bintang, tapi bila tidak ada orang di sampingmu maka tampilkan saja.
  5. Sertakan nomor HP yang kamu pakai saat ini, kalau bisa yang masih aktif agar nanti bisa dijadikan alat untuk verifikasi jika passwordnya lupa.
  6. Isi secara berurut, tanggal > bulan > tahun. Khusus untuk pengisian tanggal silahkan isi sendiri, sedang lainnya tinggal pilih.
  7. Jenis kelaminmu apa, apakah Pria atau Wanita.
  8. Anda diminta mengimput nomor telepon lain, baiknya teman atau keluarga terdekat. Di sampingnya anda juga diminta menyebutkan hubungan anda dengan pemilik nomor HP tersebut.
  9. Akhiri dengan mengklik tombol ungu bertuliskan “Buat Account” dan prosesnya pun selesai.
5.  Berikutnya akan muncul halaman yang meminta anda melakukan verifikasi sebagai bukti bahwa anda adalah manusia dan bukan robot.
verifikasi email baru
Cara memasukkan kode: Usahakan mengetik sesuai dengan angka yang naik turun dan jangan yang berjalan ke arah kanan. Pastikan juga antara huruf besar dan kecil dibedakan, demikian juga pada angkanya!
6.  Tededdd.. jika berhasil akan muncul pesan bahwa anda sukses membuat email ymail anda kali ini sebagaimana screenshot yang ditampilkan. Selamat! Tinggal klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke dashboard surat elektronik anda.
proses pembuatan email berhasil

jika kurang jelas /kurang paham bisa melihat video tutorial berikut ini:


B.  Cara Mengirim Email di Yahoo Mail

Berikut ini adalah tampilan halaman ketika kita telah mengklik “Tulis” atau “Post” yang ada di samping kiri. Sebenarnya hanya ada 3 hal yang wajib kita isi di dalamnya dan plus 1 lagi sebagai lampiran jika memang kita ingin mengirim file yang sudah jadi dari Word, file gambar dan lain sebagainya. 3 pertama yang disebut adalah alamat email tujuan pengiriman, judul pesannnya, dan juga isi dari pesan itu sendiri. Terkadang yang terakhir hanya berisi penyampaian singkat saja dan isi sebenarnya ada pada “Attachment” atau lampirannya.
cara mengirim email ymail

Keterangan:

  • Kata “Tulis” yang dilingkari merah yang berada paling atas adalah tombol yang pertama kali diklik jika ingin mengirim email melalui akun Yahoo anda. Dan setelah diklik maka akan mucul halaman putih yang berisi kolom pengetikan dan juga alamat email yang dituju serta judul dari pesan yang akan dikirim, sebagaimana terlihat pada gambar di atas.
  • Lingkaran kotak yang berada di bawah tombol Tulis tersebut adalah menu yang pertama kali dilihat saat membukan account anda. “Email Masuk” adalah menu yang diklik jika ingin melihat pesan baru yang masuk atau istilahnya “Inbox“. Sedang “Draft” adalah email yang telah ditulis tapi belum dikirim. Dan adapun dengan “Email Keluar” merupakan menu untuk melihat email apa saja yang pernah kita kirim, dan ini juga bisa digunakan untuk mengirim email dengan pesan yang sama hanya dengan membukanya lalu mengklik ‘Forward” yang ada di bawahnya.
  • Lingkaran yang bertuliskan “Ke” dan “Judul” pada lingkaran di samping kanan adalah masing-masing pada kolom “ke” untuk menuliskan alamat email yang dituju dan “judul” adalah untuk memberi apa tema atau judul dari pesan yang akan kita sampaikan.
  • “Emailnya tuh…. diketik di sini!” adalah kolom untuk menuliskan isi pesan kita. Jika isinya tidak terlalu panjang maka cukup diketik semua di situ, tapi bila terlalu panjang maka baiknya ketik di Microsoft Word dulu baru kemudian diupload ke dalamnya dengan cara mengklik tombol icon kecil seperti penjepit kertas yang ditunjuk dengan tanda panah hitam di atas yang diberi keterangan “Lampiran” atau “Attachment” jika ditampilkan dalam bahasa Inggris.
  • Lingkaran panjang yang juga ditujuk dengan keterangan Lampiran tersebut adalah berbagai icon yang digunakan saat sedang menulis pesan, di antaranya adalah untuk melakukan bold, italic atau tulsan miring, underline atau garis bawah atau pun memilih model rata kiri, tengah dan kanan. Namun bila ingin memasukkan link dalam email tersebut maka caranya dengan icon seperti ‘rantai’ yang berada masih dalam linkaran tersebut, tepatnya yang berada di bagian kedua dari samping kanan.
  • Terakhir, jika sudah selesai semua, mulai dari mengetik alamat email tujuan pengiriman hingga isinya, maka tibalah waktunya mengklik button biru bertuliskan “Kirim” dan secara otomatis surat elektronik anda pun akan langsung terkirim.

C.  Bagaimana cara membuka email yang masuk

Sudah disinggung di atas, tapi biar lebih jelas silahkan ikuti prosesnya berikut:
  1. Login ke akunmu, ikuti sesuai tutorial cara membuat di atas hingga langkah ke-3, lalu klik “Sign In
  2. Setelah berhasil login kamu akan melihat tampilan Dashboard seperti pada gambar yang baru saja diterangkan di atas, tinggal klik tulisan Email Masuk atau Inbox di samping kirinya.
  3. Untuk membuka email yahoo anda maka yang dilakukan adalah dengan mengklik judul dari pesan tersebut yang ada di samping kanan dari nama pengirimnya.
  4. Jika koneksi internet anda lancar maka secara otomatis ia akan terbuka dengan cepat, tapi bila lambat maka akan butuh waktu beberapa menit untuk membukanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
April 11, 2016 at 5:41 AM delete

sayangnya akun yahoo kalau lama gak diakses ada potensi dihilangkan gan, hehehehe

Reply
avatar