Membuat Posting Otomatis Dari Group Facebook Ke Blog

Membuat Posting Otomatis Dari Group Facebook Ke Blog


Salah satu group facebook yang saya ikuti di facebook adalah group ayo belajar linux. Group ini tidak hanya memiliki jumlah anggota yang banyak, tapi juga cukup aktif dalam melakukan diskusi. Pertanyaan yang masuk ke group ini sangat cepat, begitu pula respon anggota terhadap setiap pertanyaan yang masuk. Salah satu dampak dari keaktifan itu adalah topik diskusi menjadi mudah tenggelam oleh diskusi yang lebih baru. Hal ini mengakibatkan kita cukup kesulitan untuk menemukan kembali topik yang kita anggap menarik.

Untuk mensiasati agar setiap diskusi yang terjadi di group mudah ditemukan kembali, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan membuat blog khusus yang secara otomatis memuat feed dari group tersebut. Salah satu contohnya adalah Blog Feed Group Ayo Belajar Linux Facebook ini.

Berikut ini adalah cara membuat posting otomatis dari group facebook ke blog:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah anda harus mengaktifkan opsi posting via email pada pengaturan blog anda. Blogger dan Wordpress memungkinkan opsi ini. Silahkan masuk ke pengaturan blog Anda lalu pilih opsi seluler dan email. Contoh pengaturan posting by email untuk blog “Feed Group Ayo Belajar Linux Facebook” adalah abl.ayobelajarlinux@blogger.com

Untuk group dengan tingkat keaktifan yang tinggi, saran saya pilih opsi “simpan email sebagai draf entri” untuk mencegah pemblokiran dari pihak Blogger ataupun Wordpress.

2. Dapatkan rss feed grup yang ingin ada posting di sini. Silahkan login menggunakan akun facebook anda.  Selanjutnya anda akan mendapatkan list rss dari semua group yang anda ikuti. Silakhan copy rss feed group facebook yang akan anda posting secara otomatis di blog Anda.

3. Forward RSS tersebut ke alamat email blog. Misal untuk blog “Feed Group Ayo Belajar Linux Facebook” ini kita menggunakan email abl@gmail.com.  Forward RSS tersebut ke alamat email  abl@gmail.com dengan menggunakan layanan http://blogtrottr.com

4. Terakhir, email yang kita terima di gmail abl@gmail.com, selanjutnya kita kita autoforward ke email untuk postingan blog kita, abl.ayobelajarlinux@blogger.com.

Sekarang, setiap postingan dan komentar yang ada di group ayo belajar linux akan secara otomatis masuk sebagai draf entri di blog Anda. Selanjutnya tinggal admin blog yang memilah-milah postingan mana yang akan dipublish di blog. Selain itu, agar postingan tidak bercampur baur, Anda juga bisa membuat kategori khusus untuk postingan ini.

Klik di sini untuk melihat contoh blog “Feed Group Ayo Belajar Linux Facebook”. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »