7 HAL SEBELUM PEMBUATAN BLOG

7  HAL SEBELUM PEMBUATAN BLOG

Sebelum membuat blog, ada baiknya jika kita memperhatikan hal-hal dasar dalam pembuatan sebuah blog. Berikut 7 hal penting yang akan sangat membantu dalam pengembangan blog di kemudian hari

 1. Mental Biar bagaimanapun, mental merupakan modal utama untuk memulai sesuatu. Niat yang tidak disertai dengan mental yang kuat pada akhirnya akan menimbulkan rasa kecewa, ketakutan, atau bahkan frustasi. Hal itu mungkin saja terjadi apabila hal yang dicapai tidak sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun mental terlebih dahulu. Yakinkan diri bahwa segala sesuatu selalu ada kekurangan dan kelebihan sehingga kita siap menghadapi kemungkinan apapun yang akan terjadi setelah kita memutuskan untuk membuat blog. Apapun alasan sobat untuk membuat blog, baik itu sekedar mengisi waktu luang, iseng-iseng, ataupun bisnis, sobat harus mempersiapkan mental.

 2. Tujuan Hal selanjutnya yang perlu sobat fikirkan adalah tujuan. Apa tujuan sobat membuat blog? Mungkin banyak blogger yang pada awalnya tidak memiliki tujuan yang berarti saat membuat blog alias iseng-iseng, padahal tujuan merupakan hal penting yang harus kita fikirkan matang-matang. Tujuan menjadi pacuan untuk kita bergerak menuju pencapaian. Tanpa tujuan kita tidak akan memiliki arah. Jadi, tentukan tujuan sobat sebelum membuat blog agar sobat blog tahu apa yang akan sobat lakukan untuk menggapainya.

 3. Target atau sumber pengunjung Sama seperti membuat proposal acara, kita perlu menentukan target atau sumber pengunjung blog. Target atau sumber pengunjung sangat penting untuk difikirkan karena hal itu akan membantu kita dalam menentukan tema yang tepat untuk blog kita. Dengan menentukan target pengunjung, kita akan lebih terararah dalam mengolah konten blog.

 4. Fokus blog Fokus blog merupakan acuan kita dalam mengolah blog. Dengan menetapkan tema atau topik tertentu, kita akan lebih fokus dalam menulis postingan sehingga isi blog kita lebih terarah dan tidak saling bercampur baur. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh menetapkan tema lebih dari satu. Kita bisa saja menggunakan banyak tema namun akan lebih baik jika tema tersebut saling berhubungan dan relevan satu sama lain. Jika kita memutuskan untuk menerapkan banyak tema maka kita perlu membuat kategori dan harus cermat dalam pengolahannya agar tidak saling timpang tindih terlebih jika topiknya berbeda. Misalnya kita memilih tema hiburan dan tips blogging. Akan lebih baik jika dalam penyajiannya, kita menggunakan lebih dari 1 akun blog atau jika ingin dalam 1 akun saja kita dapat membuat recent post berdasarkan label sehingga berita terbaru yang disajikan kepada pengunjung tidak campur aduk. Hal ini sangat penting agar pengunjung tidak merasa aneh dan malas. 

5. Gaya bahasa penulisan Tidak dapat dipungkiri bahwa gaya bahasa penulisan dan penyajian mempengaruhi jumlah pembaca dalam sebuah blog. Agara pengunjung tertarik membaca artikel atau tulisan dalam blog kita, kita harus menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami sehingga pengunjung dapat menerima pesan atau isi dari tulisan tersebut tanpa harus berfikir keras. Karena jika tulisan sulit dipahami bisa dipastikan mereka akan berpindah ke halaman blog lain untuk memperoleh informasi yang serupa. Oleh karena itu, sebelum membuat blog sangat penting untuk memperhatikan bagaimana cara kita menyajikan suatu gagasan dalam bentuk tulisan yang menarik. Nah, dalam hal ini ilmu yang kita dapat saat belajar bahasa Indonesia tentu sangat membantu.

 6. Desain Desain merupakan pilar penting dalam blog. Desain menjadi daya tarik tersendiri yang membius pengunjung untuk membaca tulisan kita. Dengan desain yang menarik, secara naluri, pengunjung akan tertarik untuk membaca atau sekedar melihat-lihat blog kita. Meskipun pada dasarnya keindahan suatu hal bersifat relatif bergantung kepada pribadi masing-masing, akan tetapi mengupayakan agar desain blog kita disukai banyak pengunjung secara umum merupakan tugas yang harus kita fikirkan sebelum membuat blog. Bila perlu kita dapat merancang desain blog kita sebelum memanfaatkan situs pembuatan blog atau platform tertentu sehingga saat kita membuat blog, kita tinggal menyesuaikan saja dengan rancangan desain yang sudah kita buat. Berikut saya sarankan tips membuat desain blog keren dan menarik. 

7. Ekspektasi atau harapan Sama pentingnya dengan menjaga mental, menjaga semangat dalam dunia blogging juga sangat diperlukan. Untuk menjaga eksistensi dalam mengolah blog, maka sobat perlu senantiasa mempertahan ekspektasi atau harapan sobat terhadap blog karena hal inilah aspek penting dalam penentuan seberapa besar tekad dan ketekunan sobat dalam dunia blog. Ekspektasi haruslah sejalan dengan tujuan awal sobat sehingga sobat akan senantiasi termotivasi untuk terus berusaha semaksimal mungkin. Demikianlah 7 hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat blog. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

First